Tuesday, March 12, 2013

KEDUDUKAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL


Berbicara tentang kedudukan pendidikan Islam pada hakikatnya berbicara tentang status kekuatan objek tersebut dalam suatu sistem. Bagaimana status dan kekuatan objek itu dalam sistem tersebut. Dalam hal ini kedudukan pendidikan Islam dalam sistem pendidikan nasional mempunyai hubungan yang sangat signifikan. Hal ini dikaitkan dengan konsep susunan sistem pendidikan nasional Indonesia itu sendiri, kemudian hakikat pendidikan dalam kehidupan beragama kaum muslim di Indonesia. 
Pendidikan Islam di Indonesia berlangsung dan berkembang sejak masuknya Islam pertama kali di Indonesia. Pendidikan yang berlangsung pada masa awal perkembangan terselenggara secara sistematis dan tidak dalam pendidikan formal, akan tet;api pendidikan yang berlangsung pada masa awal hanya bersifat informal dan itupun dalam pelaksanaan da'wah Islamiyah.

Pendidikan Islam adalah suatu proses penggalian, pembentukan,pendayagunaan dan sumbangan fikir, zikir dan kreasi manusia, melalui pengajaran, bimbingan, latihan dan yang dilandasi dan dinafasi oleh ajaran-ajaran Islam, sehingga terbentuk pribadi yang sejati, mampu mengontrol dan merekayasa kehidupan, dilakukan sepanjang zaman  dan penuh tanggung jawab, semata-mata untuk beribadah kepada Allah SWT.

No comments :

Post a Comment