Wednesday, April 3, 2013

Kedudukan Garis

Pernahkah kita memperhatikan rel atau lintasan kereta api ? ternyata kedua rel atau lintasan kereta api memiliki jarak yang akan selalu tetap dan tidak akan pernah memiliki titik potong (berpotongan satu sama lain). Apa yang akan terjadi jika jaraknya berubah ? Apakah kedua rel akan berpotongan ?
Untuk selanjutnya, kedua rel tersebut kita anggap sebagai dua buah garis, maka kita dapat gambarkan seperti pada gambar berikut ini,
Garis g1 dan garis g2 disamping, jika diperpanjang hingga tak terhingga maka kedua garis tidak akan pernah berpotongan. Keadaan seperti ini dikatakan kedua garis sejajar. Dua garis sejajar dinotasikan //.
Dua garis atau lebih dikatakan sejajar apabila garis-garis tersebut terletak pada satu bidang datar dan tidak akan pernah bertemu atau berpotongan jika garis tersebut diperpanjang sampai tak terhingga.
Perhatikan gambar kubus ABCD.EFGH di bawah ini.
Amatilah garis AB dan garis BC. Tampak bahwa garis AB dan BC berpotongan di titik B dimana keduanya terletak pada bidang ABCD. Dalam hal ini garis AB dan BC dikatakan saling berpotongan. Dapatkah kalian menyebutkan pasangan garis lain dari kubus ABCD.EFGH yang saling berpotongan ?
Dua garis dikatakan saling berpotongan apabila garis tersebut terletak pada satu bidang datar dan mempunyai satu titik potong.
Pada garis di samping menunjukkan garis AB dan garis CD yang saling menutupi, sehingga hanya terlihat sebagai satu garis lurus saja. Dalam hal ini dikatakan kedudukan masing-masing garis AB dan CD terletak pada satu garis lurus. Kedudukan garis yang demikian dinamakan pasangan garis berimpit.
Dua garis dikatakan saling berimpit apabila garis tersebut terletak pad satu garis lurus, sehingga hanya terlihat sebagai satu garis lurus saja.
Gambar di bawah ini menunjukkan sebuah balok ABCD.EFGH
Perhatikan garis AC dan HF, tampak bahwa kedua garis tersebut tidak terletak pada satu bidang datar. Garis AC terletak pada bidang ABCD, sedangkan garis HF terletak pada bidang EFGH. Apabila kedua garis tersebut diperpanjang, maka kedua garis tersebut tidak akan pernah bertemu. Dengan kata lain, kedua garis itu tidak mempunyai titik potong. Kedudukan garis yang demikian dinamakan pasangan garis yang saling bersilangan. Coba tentukan pasangan garis lain yang saling bersilangan pada balok tersebut.
Dua garis dikatakan bersilangan apabila garis-garis tersebut tidak terletak pada satu bidang datar dan tidak akan berpotongan apabila diperpanjang.

No comments :

Post a Comment