Monday, June 9, 2014

Depresi karena Tugas Akhir

Perasaan tertekan yang membuat Kamu merasa depresi, lebih disebabkan karena Kamu sedang menyelesaikan tugas akhir bukan karena tertekan dengan jurusan yang Kamu sebut tidak sesuai dengan keinginan Kamu sendiri. Bila  merasakan permasalahan ketidakcocokan maka stres yang muncul sejak diawal masuk kuliah, kamu tidak mampu menyelesaikan mata kuliah, tidak dapat memenuhi jumlah minimal IPK tiap semester, mengalami prokrastinasi dan juga permasalahan lain yang menghambat proses kuliah Adinda.
Saat ini yang perlu Kamu lakukan adalah fokus terhadap tugas akhir, sangat disayangkan bila harus menyerah diakhir tugas kuliah . Waktu akan terbuang percuma selama bertahun-tahun kamu jalani untuk kuliah . Saatnya  menyusun program terencana untuk menyelesaikan tugas akhir agar depresi yang kamu rasakan dapat terselesaikan atau segera hilang, dengan demikian perilaku abnormal untuk reduksi stres pun dapat dilakukan dengan tepat.
Beberapa hal yang perlu kamu lakukan adalah melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing, mencari tahu informasi atau hal-hal yang berhubungan tugas skripsi, menyusun referensi yang mendukung dengan mengunjungi perpustakaan. Mencari dukungan teman-teman yang dapat membantu atau memberi support agar tugas segera dapat diselesaikan. Kamu tidak bisa diam saja atau hanya menunggu waktu berlalu, karena tuntutan ini akan terus berulang dan akan menganggu aktifitas mental dikemudian hari, saatnya untuk bergerak dan menyelesaikannya. Semoga sukses.

No comments :

Post a Comment