Friday, March 28, 2014

Mencapai Pribadi Yang Sukses

Siapa kita ?
Kita adalah makhluk ciptaan Allah (baca:manusia) yang terlahir ke dunia ini dalam keadaan suci dan sempurna. Kita diberi akal dan pikiran. Sesuatu yang tak dipunyai oleh hewan dan tumbuhan.

Bukankah manusia tak ada yg terlahir sempurna ? Itu sih kata D’masiv :P. Lihat donk , Al Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 32.
Kita itu sebenarnya terlahir sempurna dan suci Guys, tapi kita sendiri yang justru menodai kesempurnaan dan kesuciann itu. Kita seringkali lupa bahwa diri kita sebenarnya sempurna & suci lalu kita tidak bisa menjaga kesempurnaan dan kesucian itu.
Kita sering beranggapan punya kekurangan,sehingga timbul pemikiran-pemikiran yang menyesatkan.Statement “ Manusia adalah tempat salah dan lupa. Manusia tak ada yang sempurna  justru menjadi senjata ampuh (baca: alasan) untuk berbuat kesalahan. Astaghfirulllah….Terus  gimana cara sih cara menjaga kesempurnaan seorang manusia ?
1.      Kita harus tahu dan menyadari bahwa sebenarnya diri kita itu sempurna. Kita terlahir suci, tugas kita adalah menjaga kesucian itu.
2.      Tak cukup menyadari bahwa diri kita sempurna. Kita juga harus menjaganya yaitu dengan cara mengendalikan diri dari segala apa yang dapat merusak kesempurnaan dan kesucian kita. Kita ambil esensi dari “puasa”. Saat kita berpuasa kita harus menahan atau mengendalikan diri agar  puasa kita tidak batal dan sia-sia. Apakah kita shalat ? Membaca Al-Qur’an ? Berpuasa ? Apa artinya kita melakukan semua itu apabila tidak mampu mengendalikan diri. Istilah kerennya STMJ (Shalat Terus Maksiat Jalan). :D Contoh : Shalat kita rajin, tapi mulut kita sering mengucapkan kata-kata  yang menyakiti orang lain. Mulut kita selalu membicarakan kekurangan orang lain (baca: Ngaca dulu deh :P).Sia-sialah shalat kita, pahala kita habis terbakar oleh dosa kita.
3.      Kembalilah menuju keadaan sempurna dan suci kita dengan TAUBAT. Perbanyaklah baca istighfar. Taubat itu ibarat kita nge-flash HP . Mengembalikan lagi ke kondisi awal kita seperti baru sebagai manusia yang suci dan sempurna. Sebenar-benarnya taubat adalah menyesali dan memohon ampun atas semua yang telah di lakukan serta tidakmengulangi lagi kesalahannya.
7 KARAKTER PRIBADI YANG SUKSES
1.      Punya jati diri yang jelas.
Untuk menghadapi era globalisasi ini kita harus punya identitas yang jelas agar kita tidak terombang-ambing oleh angin globalisasi yang semakin kencang berhembus. Jika kita tak punya jati diri yang jelas kita tak pernah tampil didepan, kita akan selalu berada dibelakang.
2.      Punya semangat yang tinggi
Kerjakan segala sesuatunya dengan penuh semangat agar mendapat hasil yang maksimal. Dengan kita semangat, segala sesuatunya akan terasa mudah dihadapi. Yang semangat akan selamat dan bagi para pemalas akan tergilas oleh zaman globalisasi yang sarat kompetisi ini. :D
3.      Punya wawasan luas
Pengetahuan luas mmbuat kita tidak ketinggalan zaman (baca:kudate). Pengetahuan yang luas juga akan menjadikan kita mampu berpikir kritis terhadap pengaruh dunia luar.
4.      Bisa mengendalikan diri
Kita harus bisa mengendalikan diri agar kita tidak terjerumus ke dalam gaya hidup yang serba bebas yang dapat merusak ksempurnaan kita. Utamakan kebutuhan daripada keinginan kita.
5.      Harus punya tujuan hidup
Punya target  di dalam hidup membuat kita selalu termotivasi kita jadi lebih terarah. Dengan punya target hidup, kita bisa sukses semuda mungkin karena kita pasti akan bekerja lebih keras agar target hidup kita cepat tercapai.
Gue takut kecewa kalau punya target, mending jalani hidup ini mengalir saja seperti air ..
Kalau Anda punya target seperti itu, hidup Anda tak akan pernah berkembang. Hidup Anda hanya akan berjalan ditempat. Bahkan bisa lebih buruk dan terjerumus. Kita pinjam fiosofi airmengalir, Air selalu mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Saat terjadi penguapan air memang bergerak ke atas, tapi kemudian akan turun lagi kebawah berupa air hujan. Begitulah siklus air akan selalu berulang-ulang,turun-naik-turun lagi. Apalagi kalau aliran air itu menuju tempat  yang kotor, ke jamban misalnya :D
6.      Menjadikan pengalaman sebagai guru terbaik
Kegagalan dan kekecewaan yang kita alami jangan kita lupakan begitu saja. Pelajari mengapa kita gagal, dan hindari kesalahan itu agar kita tak kembali gagal. Lebih baik gagal karena kita berani mencoba daripada tak pernah gagal karena kita hanya diam tak mau mencoba.
7.      Punya motivasi dari dalam diri.
Menjadikan teman , pacar danorang tua sebagai motivasi hidup itu sah-sah aja. Tapi bagaimana nasib kita kalau teman, pacar, dan orang tua satu persatu meninggalkan kita.
Mungkin kita akan sangat galau,mungkin bagi yang iman nya tipis akan putus asa merasa dirinya tidak punya siapa-siapa lagi. Mandirilah, jangan terpusat pada orang lain.
Sekarang, Saatnya kita berubah ke arah yang lebih baik J(Action)
Memperbaiki sikap kita yang kurang baik, perubahan tak perlu drastis yang penting kita istiqomah. Ubahlah diri kita dulu niscaya kita bisa mengubah dunia. Kunci Perubahan menurut Aa gymJ 3M
-Mulai dari yang kecil
-Mulai dari diri sendiri
-Mulai dari  sekarang
Ø Tingkatkan kualitas ibadah  kita
Kita memang melakukan shalat, membaca Al Qur’an maupun mengaji tapi kadang tak ada pengaruh dengan perilaku kita . Perilaku kita sama saja dengan orang-orang yang tak pernah beribadah. Itu artinya shalat kita belum sempurna.
Ø Raihlah Ridha orang tua terlebih dulu
Ridlo Allah adalah ridha orang tua. Pesan dari guru Bahasa Indonesia saya waktu SMK.
“Bahagiakan orang tua terlebih dulu, sebelum membahagiakan anak tetangga “ :D
Katanya kalau orang tua kita sudah kita bahagiakan, orang tua akan selalu meridloi setiap mimpi-mimpi kita. Insya Allah, kesuksesan dan rezeki senantiasa mengiringi kita karena do’a dan ucapan orang tua kita itu sangat mustajab sekali. J Jangan pernah membuat orang tua kita marah.
Ø Tidak menunda-nunda pekerjaan lagi
Pengalaman waktu SMK, saya sering menunda-nunda mengerjakan tugas bengkel. Akibatnya, saya sering kewalahan saat mengerjakan tugas-tugas itu walaupun akhirnya selesai tapi tidak maksimal.
Ø Fokus terhadap tujuan atau cita-cita kita
Mencurahkan kemampuan dan kerja keras  untuk satu tujuan terlebih dulu. Jangan melakukan setengah-setengah. Selesaikan dulu apa yang kita mulai, bng baru memulai yang baru.
Ø Pandai membagi waktu
Membagi waktu untuk belajar, bekerja,  istirahat dan mencari hiburan. Pandai membagi waktu untuk kehidupan dunia dan akhirat. Mengutip motto trainer kita yang cantik “ Be Balance” :D
Ø Berpikir positif
Berpikir positif terhadap qadha dan qadhar  Allah. Berpikir positif terhadap sesame manusia. Ucapkanlah dan Berpikirlah yang baik-baik karena sesungguhnya setiap ucapa dan apa yang kita pikirkan adalah do’a. Berpikir negative hanya akan membuat hidup kita was-was , membayangkan segala sesuatu yang belum tentu terjadi. Jangan pernah mendahului takdir J
Ø Tidak Egois
Berusaha memahami karakter dan perasaan orang lain. Apalagi sekarang kita tinggal  bersama-sama dengan teman-teman dari berbagai daerah. Jangan memaksakan kehendak kita. Saling berbagi, untuk kesuksesan kita bersama. Karena kita tidak bisa hidup sendiri. Senyum saja butuh orang lain apalagi hidup. J
Ø Harus berani bermimpi
Banyak sekali orang-orang sukses dan besar menyerukan kepada remaja-remaja masa kini lewat film maupun buku untuk berani bermimpi. Bermimpi itu gratis Guys, kalau mimpi kita belum terwujud kita tinggal buat ja mimpi yang baru. Bermimpi itu laksana do’a untuk masa depan kita.” Bermimpilah maka Tuhan akan memeluk mimpimu.” (Andrea Hirata)
Motivator-motivator  bahkan selalu mengajarkan kita untuk menuliskan mimpi-mimpi yang kita punya mulai dari mimpi besar sampai mimpi yang kecil. Baca daftar impian kita itu setiap hari. Melakukan hal itu konon katanya akan memberikan energi positif bagi diri kita.Semangat kita akan terus terpacu untuk mewujudkan mimpi-mimpi kita itu.
Ø Belajar memimpin dan dipimpin
Memimpinakan mengajarkan kita untuk adil dan bijaksana , dipimpin akan mengajarkan kita untuk disiplin J
Ø Jagalah kualitas
Kualitasharus dijaga dari Awal- Proses- Akhir. KEEP ISTIQOMAH

No comments :

Post a Comment