Thursday, January 23, 2014

Serangan Panik

Kemunculan serangan panik sendiri tidak disadari oleh individu, secara tiba-tiba individu merasakan perubahan fisik maupun psikologis secara mendadak tanpa ada penyebab-penyebab secara langsung yang memicu munculnya perubahan-perubahan tersebut. Lalu timbulah serangan panik.
Serangan panik muncul disebabkan akumulasi rasa cemas yang berkepanjangan, baik disadari sendiri oleh individu maupun tanpa disadari (free-floating), adanya permasalahan yang berlarut-larut atau penghindaran dari situasi konflik yang tidak terselesaikan mengakibatkan munculnya  gangguan kecemasan .
Kecemasan dalam taraf ringan kadang membuat individu tidak merasakan adanya gangguan dalam dirinya, ia merasakan dirinya baik-baik saja selagi mampu meredamnya ketika muncul rasa cemas itu. Disinilah terjadi penumpukan rasa cemas yang terus terjadi selama konflik (masalah) belum terselesaikan sepenuhnya.
Serangan panik kadang disertai sesak nafas dan rasa nyeri di dada atau bahkan individu dapat pingsan, perubahan tubuh yang mendadak ini kadang orang awam akan beranggapan individu tersebut sedang dalam keadaan sakit, solusinya adalah dengan membawa ke rumah sakit. Padahal, kejadian yang dialami oleh individu tersebut adalah serangan panik. Sementara ―serangan panik tidak urgen membawa individu ke unit gawat darurat (rumah sakit) karena serangan panik dapat muncul beberapa kali, UGD bukanlah solusi dari serangan panik.  Bila individu pingsan secara mendadak yang diakibatkan oleh serangan panik, hal pertama yang harus dilakukan adalah membawa individu tersebut ke tempat terbuka, usahakanlah tidak terjadi kerumunan massa yang dapat mempersulit individu mendapatkan oksigen. Kipaslah, bila perlu basuhlah sapu tangan dengan air, kipaslah ke sapu tangan yang agak basah itu dengan jarak sejengkal dari wajah individu agar udara dingin dapat sampai ke wajahnya. Pijat kakinya untuk memperlancar kembali aliran darah di kaki. Bila ada perubahan wajah seperti akan sadar segera basuh sapu tangan basah tadi pelan-pelan pada seluruh wajah. Peringatan; bila tidak terjadi perubahan dalam 30 menit, individu tidak segera sadar ―segeralah bawa ke rumah sakit!
Bagaimana bila serangan panik tidak segera diatasi? Apa yang bakal terjadi? Banyak hal yang dapat terjadi bila serangan panik tidak segera ditangani, namun serangan panik dapat hilang dengan sendirinya seiring dengan hilangnya kecemasan dalam diri individu, oleh sebabnya penyelesaian masalah-masalah dalam diri individu adalah hal utama yang mesti segera di atasi oleh individu sendiri. Pada psikoterapi, terapi hanya membantu individu agar tidak terjadi perilaku maladaptif yang disebabkan oleh gangguan kecemasan.
Serangan panik dapat terjadi berulang kali dalam diri individu selama kecemasan itu masih ada, beberapa komplikasi yang mungkin dapat terjadi dikemudian hari;  Depresi , serangan jantung, gangguan kardiovaskular, psiko-somatisasi dan sebagainya. Jadi memang tepat bila Anda memilih mendatangi psikiater terlebih dahulu, bila disertai gangguan fisik lain mereka akan merujuk Anda untuk ke rumah sakit.

No comments :

Post a Comment