Wednesday, January 22, 2014

Sering Terbangun di Malam Hari karena Banyak Masalah

Kecemasan  yang berkepanjangan akan terbawa dalam tidur, otak tetap bekerja memikirkan masalah-masalah yang sedang dihadapi sementara tubuh tertidur, akibatnya Anda terbangun ditengah malam dan tetap fokus dalam masalah tersebut! Sementara Anda tidak berdaya di atas ranjang, tidak mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Larut dalam pemikiran sehingga Anda akan merasa kecemasan luar biasa. Anda terdiam dan tak mampu bergerak. Kecemasan terus membayang dan masalah menari-nari dalam pikiran Anda. Dampaknya  insomnia  akan mengidap dalam tubuh dan pikiran kita.
Cara yang paling tepat adalah dengan menyelesaikan permasalahan yang sedang Anda hadapi secepatnya, atur strategi Anda dalam menghadapi konflik sehingga tidak membuat masalah tersebut berlarut-larut dalam jangka waktu yang lama. Karena hal tersebut akan memicu stres yang berkepanjangan yang pada akhirnya akan mempengaruhi perilaku Anda sehari-hari.   Beberapa yang mungkin perlu Anda lakukan ketika kecemasan meningkat dalam diri Anda saat terbangun di tengah malam;
1) Berusahalah untuk mengosongkan pikiran Anda, atur pernafasan; tariklah nafas yang panjang lalu lepaskanlah dengan mulut. Rasakan setiap udara yang masuk melalui hidung. Di saat stress, kadar oksigen di dalam darah menurun sementara kadar kartisol terus meningkat, kondisi inilah yang disinyalir pemicu serangan panik.
2) Ubahlah pikiran negatif yang muncul dengan sugesti positif. Sugesti diri sendiri (Neuro Linguistic Programming) akan menumbuhkan rasa percaya diri sehingga tubuh dan pikiran akan menjadi kuat menghadapi masalah. Cara ini dapat berupa dengan mengatakan “aku lebih kuat dalam menghadapi masalah ini, aku pasti mampu menyelesaikan masalah ini” dengan penekanan yang kuat.
3) Bangunlah dari tidur untuk sementara waktu bila Anda langkah kedua tidak juga menurunkan tingkat kecemasan. Keluarlah dari kamar Anda, carilah suasana pada ruangan lain. Alihkan pikiran-pikiran negatif dengan suasana berbeda dari kamar. Lakukan langkah 1) sambil melebarkan tangan Anda kedua sisinya.
4) Lakukanlah penyelingan, dapat berupa mendengarkan musik, atau menonton televisi. Biarkan diri Anda larut dalam setiap frame yang Anda tonton, ciptakan kondisi flow untuk sementara waktu.
5) Bila kecemasan mulai menurun, berusahalah untuk tetap tidur kembali. Dengan demikian Anda telah menyimpan energi untuk esok hari dan menyelesaikan masalah yang sedang Anda hadapi.
6) Bila Anda beragama Islam, lakukanlah sholat malam dengan berwudhu terlebih dahulu, lakukan zikir dan membaca surat-surat pendek seperti An Naas, Al Falaq dan sebagainya ketika hendak tidur kembali. Insyaallah dengan ijin-Nya Anda dapat tenang kembali*
____________________
*Langkah-langkah diatas tidak akan efektif bila Anda tidak menyelesaikan permasalahan utama yang sedang Anda hadapi.

No comments :

Post a Comment